Kamis, 13 Juli 2017

Kenali Penyebab Anyang-Anyangan dan Solusinya




sumber : google

Sehat, adalah salah satu karunia yang yang takkan terbeli apalagi ketika sudah merasakan sakit. Namun banyak juga diantara kita yang lalai untuk menjaga sehat itu karena sibuk dengan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari. Nah, kalau cerita sakit, saya punya pengalaman sakit yang menurut saya  unik. Tapi kalau kita sudah menderita penyakit itu, dijamin gak akan bisa melakukan apapun. Yaitu  anyang-anyangan.
             
             Nah, pengalaman waktu masih sekolah, beberapa kali pernah merasakan anyang-anyangan. Saluran buang air kecil terasa sakit sekali ketika hendak buang air kecil.  Rasanya  ingin sekali buang air kecil, tetapi yang keluar cuma sedikit dan menimbulkan rasa sakit yang tiada duanya. Langsung si emak  mengomel, “itu lah, kurang minum air putih tu. Minum air putih yang banyak sana.” Saya hanya bisa manut, karena merasa apa yang emak bilang ada benarnya, saya kurang minum.
              
             Secara medis, anyang-anyangan di sebut juga infeksi saluran kemih. Wah, mendengar namanya saja sudah merinding, membayangkan ada gangguan pada saluran kemih kita. Namun mari kita telusuri apa sebenarnya yang terjadi sehingga mengalami infeksi.
          
           Umumnya anyang-anyangan sering terjadi pada wanita. Karena organ reproduksinya lebih pendek, sehingga rentan mengalami gangguan infeksi kemih. Jika dalam kondisi normal, kandung kemih dapat mengeluarkan urin secara teratur dan bebas bakteri, namun pada kondisi tertentu bakteri E.Coli masuk pada saluran kencing dan mengakibatkan infeksi saluran kemih. Bakteri sendiri berasal dari anus yang dengan leluasa dapat berpindah ke uretra. Saluran kencing wanita yang lebih pendek dibandingkan pria, serta lubang kencing yang juga sangat dekat dengan anus mengakibatkan bakteri gampang masuk ke uretra.  
      
           Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, agar si bakteri tidak gampang masuk. Pertama, lakukan pembasuhan BAB dengan benar. Cara yang benar dalam pembasuhan BAB yaitu, dari atas ke bawah, bukan sebaliknya, dari bawah ke atas. Banyak dari kita yang masih keliru pada hal sepele ini.
          
            Kedua pemakaian toilet umum. Banyaknya orang yang secara bergantian masuk, memungkinkan bakteri ini dengan mudah berpindah. Ketiga menjaga kebersihan air saat buang air. Sangat dianjurkan menggunakan air yang mengalir saat membasuh.

Nah, selain masuknya bakteri E.coli ada beberapa hal juga yang menjadi penyebabnya. Sering menahan pipis, karena malas ke kamar mandi. Ini adalah kebiasaan buruk, karena akan penumpukan urin pada kandung kemih. Dehidrasi, juga salah satu pemicu infeksi ini terjadi. Perbanyak saja konsumsi air putih, agar urin yang keluar bisa lebih lancar.  Pada wanita hamil, anyang-anyangan juga sering terjadi karena terdapat tekanan pada kantung kemih. Biasa ini terjadi memasuki hamil besar, maka si ibu haruslah menjaga kebersihan air dan organ intim, agar anyang-anyangan tidak berkelanjutan.

Lalu bagaimana mengatasinya? Banyak  cara yang bisa dilakukan, namun agar mendapat solusi yang tepat tentu kita harus meminum obat yang memang kandungannya pas untuk mengatasi penyakit 


sumber : uricran.co.id

 Prive uri-cran bisa jadi solusinya. Kandungan buah cranberry yang ada didalamnya, sangat pas untuk mengatasi anyang-anyangan.  Jadi gak perlu bingung lagi, kalau tiba-tiba anyang-anyangan terjadi.

3 komentar:

  1. menimbulkan efek trauma gitu ya Mak, saking sakitnya anyang-anyangan itu huhu

    BalasHapus
  2. para wanita lebih sering terserang anyang-anyangan, semoga kehadiran uricran bisa menjadi solusinya

    BalasHapus
  3. Mungkin gak ta gak kena anyang2an pas hamil besar kalau konsumsi uricran ini?

    BalasHapus