Langsung ke konten utama

RESENSI- Tajir Lewat Blog








Tajir Lewat Blog

Judul Buku          : Rezeki Nomplok dari  Kontes Blog, Tip dan Trik Cerdas Menang    Kontes  Blog       

Penulis                 : Harris Maulana

Penerbit              : Elex Media Komputindo

Tahun terbit       : 2012

Tebal buku          : xi + 96 halaman

               

Blog kini menjadi media yang sudah lazim digunakan. Sebagai wadah untuk menulis, menyampaikan informasi, ilmu dan lain-lain. Melalui blog, pemakainya/blogger bisa mengekspresikan kreativitasnya tanpa batas.  Jadi tak salah jika sarana ini, sekarang banyak dimanfaatkan, terlebih lagi dengan tersedianya blog gratis yg bisa diakses oleh siapa pun.

 

Para  blogger  yang kreatif  memanfaatkan blognya tidak hanya sebagai wadah berekspresi, tetapi juga meraup rezeki. Gak percaya? Hal ini telah dibuktikan oleh Harris Maulana, penulis buku Rezeki Nomplok dari Kontes Blog. Harris yang juga seorang blogger, selalu melirik berbagai kesempatan emas yang sayang jika dilewatkan, ya lomba/kontes blog. Kontes ini sekarang begitu marak diadakan, bahkan seperti menemukan trendnya sendiri.  Ini karena  didalam kontes blog, semua orang bisa melihat bagaimana kreativitas dari blogger itu sendiri,  tidak hanya sebatas penyelenggara atau juri yang bisa melihat karya dari peserta.

 

Didalam buku terbitan Elex Media Komputindo ini, juga dipaparkan hal-hal mendasar yang perlu diketahui tentang blog, seperti asal blog, tujuan membuat blog, hingga panduan membuat blog sendiri.  Jadi tidak hanya bagi blogger,  buku ini juga ‘dihadiahkan’ penulis bagi mereka yang baru ingin ‘nyemplung’  dalam dunia blog.

 

Bagi anda yang sudah memahami tentang blog, eksplorasi bisa dimulai dengan meng-hunting berbagai lomba blog, bisa melihat sumbernya dari internet, media massa, dan media lainnya. Tak asal mencari, Harris juga memberikan tips untuk membaca sebuah kontes yang berkualitas, yang artinya tidak asal-asalan dan dengan penilaian yang fair. Misalnya kontes blog yang melakukan penilaian hanya dari melihat banyaknya likes yang ada. Ini dikatakan tidak fair karena bisa saja, peserta tersebut memberikan imbalan kepada orang-orang yang memberi like pada blognya.  Sebaliknya  kontes yang bermutu biasa melakukan penilaian lewat juri, komentar-komentar yang masuk didalam tulisan tersebut atau dengan menggunakan perusahaan konsultan komunikasi. Hal lainnya yang bisa dilihat adalah ‘se-boros’ apa penyelenggara memberikan hadiah.  Lihat saja penyelenggara yang memberi hadiah gadget, Laptop, kamera atau hadiah lain yang diperuntukkan minimal kepada 3 pemenangnya. Kontes  seperti ini yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Selain itu, ada juga penyelenggara yang hanya menyediakan satu hadiah, tentu saja hanya untuk satu pemenang. Sudah pasti persaingan untuk menang cukup ketat , namun tidak ada salahnya anda ikuti jika memang yakin dapat memenangkan lomba tersebut.

 

Tidak hanya memilih kontes blog, penulis juga memaparkan  bagaimana mengeksplorasi tulisan yang apik di dalam blog; memanfaatkan internet dan media untuk mencari referensi, membuat tulisan yang padat namun menarik, sampai bagaimana cara mempromosikan blog melalui teknik SEO (Search Enginee Optimalization) serta me-link kan tulisan melalui media sosial seperti facebook dan twitter. Setelah memaparkan berbagai cara secara teknisnya penulis yang telah memenangkan berbagai lomba blog ini juga melampirkan beberapa tulisannya yang telah memenangkan lomba blog.

 

Tunggu apa lagi? Blog mungkin bisa menjadi daftar hobi baru yang tidak hanya bermanfaat menyalurkan kreatifitas, tetapi juga berpotensi mendatangkan doku.  Jika,  sudah ada buku Harris Maulana ini dan fasilitas internet didepan anda, maka saya ucapkan, “Selamat menjadi orang kaya!”

 

Peresensi : Dewi Chairani








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vibes dari Blogger Cup, Blogger Medan

        Lazimnya bagi setiap blogger, menulis adalah hal wajib. Tapi sewajib-wajibnya kalau gak berurusan sama job kadang males juga. Hayo, siapa yang samaan?       Biasa bakal ada semangat kalau dikerjain barengan atau ada triggernya. Dan inilah yang Dewi rasakan 2 minggu lalu. Bergabungnya Dewi di komunitas Blogger Medan memang bukan tanpa alasan, ya minimal biar terikut semangat untuk nge-Blog tadi. Dan pas sekali dengan momen hari Blogger Nasional pada tanggal 27 Oktober 2023. Blogger Medan membuat event Blogger Cup.          Awalnya Dewi juga gak ngerti banget gimana mekanisme lombanya, tapi biar ada pemicu untuk nulis dah ikut aja. 😁 Jujur, ini kali pertamanya ikut kompetisi nulis yang sistem duel. Seru sih, ditambah lagi tema menulis yang diumumkan pada jam tertentu plus waktu menulis yang hanya 24 jam. Padahal biasa ngejar DL yang 3 hari bisa cengap-cengap, haha.  Gak cuma Dewi, tapi banyak peserta yang merasa seperti memacu adrenalin, kayak naik rollercoaster.  Tulisan pertam

Belajar Dasar Blog dan SEO di Kelas Blogger Medan

Rudi Hartoyo memberikan materi         Belajar menjadi blogger tentu harus mengenal berbagai hal tentang blog, mulai dari template, domain, tools pendukung seperti google console dan google analytics, dan tentu saja SEO.         SEO belakangan menjadi istilah yang trending dan menarik. SEO atau Search Engine Optimization yang merupakan teknik optimasi sebuah web agar mesin pencarian dapat menempatkan halaman web kita di halaman pertama mesin pencari dengan keyword tertentu.         Terdengar amazing ya, namun gampang-gampang mudah juga mencapainya. Kita harus bisa menentukan judul dengan keyword yang tepat, label, konten, gambar, internal link dan lain-lain. Belajar blog kali ini di fasilitasi oleh Blogger Medan, di Kopikuni. Belajar kali ini cukup ekslusif karena hanya anggota Blogger Medan saja dengan jumlah peserta yang terbatas. Anggota Blog Medan serius mengerjakan tugas        Dengan suasana Sersan, serius tapi santai, peserta tampak antusias mengikuti kelas internal ini. Ten

Aman dan Nyaman, Kriteria Esensi Sebuah Hunian

Punya rumah aman dan nyaman, tentu menjadi idaman siapapun. Setelah lelah bekerja, pasti ingin menempati hunian yang nyaman plus aman. Namun yang masih dipertanyakan, apa ada spesifikasi rumah demikian namun harga terjangkau? Seperti teman dekat saya. Beberapa hari yang lalu, ia menelpon saya, lebih tepatnya curhat soal lingkungan rumahnya yang kurang aman. Tetangganya sering kemalingan, ia pun tak luput dari kemalangan tersebut. Beberapa barang yang terletak di teras atau halaman sering raib. Siapa yang nyaman coba tinggal di daerah tersebut. Akhirnya ia memutuskan untuk mencari rumah lain dan menjual rumahnya tersebut. Rumah menjadi hal yang esensial untuk kita ya. Mau kita sebagai pekerja atau ibu rumah tangga yang banyak menghabiskan waktu di rumah, keamanan tentu menjadi hal penting. Maka sangat krusial untuk mengetahui sistem keamanan lingkungan perumahan yang nantinya bakal ditempati. Singkat cerita, akhirnya saya membantu si teman tadi untuk mencari rumah di Medan sesuai deng