Dewi Chairani blog

Melek Digital untuk StartUp Business - Manfaatkan Media Digital untuk Berbisnis Online


Melek Digital untuk StartUp Business - Manfaatkan Media Digital untuk Berbisnis Online

Pentingnya Media Digital

Nina kesal setengah mati pada sobatnya Putri yang beberapa minggu ini sulit sekali dihubungi. Hampir-hampir tidak ada lagi senyum yang ia sisakan untuk cewek yang dikenalnya 3 tahun belakangan itu. Gara-garanya, Putri yang HP nya  rusak, sehingga sulit sekali dihubungi, padahal mereka punya peran cukup vital dalam sebuah organisasi, dan sekarang mereka tengah sibuk-sibuknya menyiapkan sebuah acara gebyar yang lingkupnya antar provinsi.
“Say, susah kali menghubungi mu.” Keluh Nina tak tahan lagi.
“Duh, maaf ya bu. Aku lagi usaha ni, ngumpulin budget  untuk bisa beli HP. Sabar ya Cin.”
“Tapi komunikasi kita jadi terputus, masa semua harus lewat Fb, sementara dirimu aja gak selalu bisa buka fb kan.”
Putri hanya bisa terdiam mendengar keluh kesah temannya.
“Eh, gimana kalo Putri ambil yang kreditan aja, kan bisa dicicil tiap bulan tu?”
“Aku ogah ambil yang kredit-kredit, doku nya kan belum pasti ada. Apalagi penghasilanku belum tetap. Gak mau ah.”
Keduanya terdiam, memikirkan solusi tentang si HP.
“Lho, kok pada dieman gini, kalian lagi marahan ya?” tegur Rina.
Keduanya menggeleng kompak.
“Trus?”
“Kami lagi mikir, gimana Putri biar gampang punya HP, jadi kita kan gak sulit menghubunginya.”
“Oooh gitu, iya aku juga susah ni, hubungi Putri. Dulu aku pernah gitu juga, waktu HP ku hilang, jalan pintasnya, aku sementara pinjem  uang orang tua untuk bisa beli HP. Ya jadi kayak kredit la, tapi kan lebih enak karena sama orang tua.” Saran Rina.
“Boleh juga sarannya Rin, oke.” Sahutnya sumringah sambil mengerlipkan mata.
“Kalau gini aku gak bakal ngomel lagi sama dirimu say.” Sambung Nina masih ber say-say ria.
“Iya ciiiin. Tenang aja. Komunikasi kita tidak akan terputus lagi say.”
“Ciyeee.” Sorak Rina menggoda kedua temannya.

Cuplikan dialog ini saya kutip ketika memang ada salah satu teman yang sulit dihubungi karena sedang tidak punya HP. Namun intinya bukan bagaimana cara mendapatkan uang dengan cepat, tapi pentingnya keberadaan HP tersebut. Benda mungil yang satu ini memang sudah menjadi kebutuhan primer, untuk bisa lebih mudah menjalin komunikasi.

Peran media digital sekarang memang sudah menjadi bagian dari berlanjutnya kehidupan kita sehari-hari. Hampir setara dengan kebutuhan, pangan, sandang dan papan. Tidak hanya untuk komunikasi, pekerjaan pun akan terasa lebih ringan, ketika kita lihai menggunakan media digital untuk meringkas pekerjaan dengan hasil yang memuaskan dan tingkat ketelitian yang lebih akurat lagi. Beberapa media digital yang sudah sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu  HP, netbook, Black Berry, kamera, dll.  Hampir seluruhnya kini telah dipakai oleh setiap orang, sesuai dengan kebutuhan profesi, komunikasi atau cuma sekadar mengikuti trend komunikasi agar tidak dianggap ‘jadul’.


Memanfaatkan Media Digital untuk Berbisnis, Why Not?
  

            Mengikuti perkembangan teknologi dan pesatnya  akses internet, pemakaian media digital tidak hanya sebatas untuk memudahkan pekerjaan dan komunikasi saja, tetapi juga untuk berbisnis. Ya, mendulang rupiah dengan memanfaatkan media digital tengah menjadi trend masa kini. Namun belakangan hal ini menjadi sebuah kebutuhan primer dalam berbisnis, karena mudahnya mengakses internet lewat media digital yang bisa dimiliki oleh siapa saja.

            Internet yang merupakan induk dari sumber informasi memanjakan kita dengan begitu banyak fasilitas, mulai dari berbagai jejaring sosial, situs, hingga mudahnya berkomunikasi layaknya menonton TV, bisa saling bertatap muka dengan lawan bicara dibelahan negara manapun berada. Lewat fasilitas inilah, banyak hal yang bisa dilakukan. Mulai dari chat, browsing, download, search info, dll. Sampai-sampai keberadaan internet hampir seperti kamus berjalan, karena dianggap serba tau. Sekali klik dengan kata kunci yang tepat, dalam waktu sepersekian detik, akan tampil berbagai referensi, artikel atau informasi sesuai dengan kata kunci yang dicari.

            Melalui media digital, bisnis juga bisa kita jalankan dengan praktis. Ini semua karena mudahnya mengakses internet lewat media digital tersebut. Inilah yang menjadi alasan utama, bisnis lewat internet mulai dilirik.  Tidak perlu pergi ke kantor, tidak perlu ruangan khusus dan tentu saja, kita yang mengatur waktu kerja. Mau mulai dan selesai jam berapa. 

            Media digital juga mendukung berbagai program agar bisa dimanfaatkan untuk berbisnis selain pemanfaatan akses internet. Misalnya dengan laptop, begitu banyak fasilitas didalam yang bisa dibuat, mulai dari  desain gambar, membuat program, desain web, menulis, pembuatan animasi, dll. Semua terletak pada kepandaian kita dalam menggunakan software atau aplikasi yang terletak didalamnya dan tentu saja, semua keahlian tersebut  bisa  ‘diseret’ kedalam ranah bisnis. Itu baru dari satu media digital, masih ada beberapa media digital lain yang punya segudang manfaat untuk  ‘di ubek-ubek’ and of course bisa jadi ladang bisnis.

            Jadi, agak gaptek rasanya, jika hanya memanfaatkan internet yang bisa diakses lewat media digital hanya untuk browsing, chat, FB, download tetapi melewatkan nilai ekonomis yang bisa didapatkan dari fasilitas tersebut. Caranya juga tidak sulit, kita hanya perlu lebih gesit dalam mencari informasi, jeli dalam membaca peluang, mau mencoba dan terus belajar.
 
Temukan Bisnis Online Anda

               Dulu makna berbisnis, selalu identik dengan modal besar yang artinya semua tiada jika tanpa uang.  Namun kini setelah banyaknya fasilitas internet yang bisa dipakai, pemikiran itu mulai memudar dan berganti dengan kata kunci, pengalaman dan skill. Ya, kedua punya keterikatan dan saling mendukung. Artinya dua hal ini bisa dimiliki oleh siapa pun, kita tak perlu jadi eksekutif muda, atau punya uang segepok dulu untuk memulai sebuah bisnis.

            Sedikit berbagi pengalaman, saya juga satu dari sekian orang yang ‘nekad’ menjeburkan diri dalam dunia bisnis dari pekerjaan yang dengan hati lapang saya tinggalkan, melihat besarnya peluang bisnis didepan mata. Tidak sekadar itu saja, lewat bisnis atau berniaga, banyak ladang rezeki dan kebaikan yang bisa kita bagi kepada yang lain, ketimbang kerja kantoran yang hanya mendapat gaji setiap bulan, lantas berbagi kepada sesama. Sama-sama membantu, tapi kesannya terlalu biasa. Dengan bisnis saya bisa berbagi kepada sesama plus lagi bisa membantu teman-teman yang ingin mencoba peluang bisnis, sekaligus mendukung kelancaran bisnis yang saya geluti. Menyenangkan bukan?

            Bercerita tentang berbisnis melalui internet, ada banyak bisnis yang bisa dijalankan. Sesuaikan saja dengan kemampuan dan minat kita. Kenapa? Sedikit berteori tentang ilmu wirausaha, mulailah berbisnis dari apa yang kita minati atau kita kuasai. Artinya dengan adanya minat dan pengetahuan lebih,  kita tidak akan merasa jenuh jika ada kendala, karena hal yang kita kerjakan adalah sesuatu yang kita sukai. Dan tentu saja, berbagai pengembangan dan inovasi bisa kita lakukan karena kita memiliki pengetahuan lebih tentang bidang tersebut. Apa pun itu, meski nampaknya sepele, tetapi percaya lah peluang selalu ada selama kita bisa jeli membuka mata. Lihat saja, berbagai pengusaha muda yang sukses karena menggeluti sesuatu yang mereka ahli dalam bidangnya, atau menjalani bidang yang menjadi minat mereka.  Mulai dari kuliner hingga produksi berbagai cendramata atau produk lainnya.

            Banyak sekali bisnis yang bisa dijalankan dengan memanfaatkan fasilitas yang ada pada media digital yaitu internet. Lewat netbook atau HP kita bisa berselancar ria di dunia maya dan tentu saja mempromosikan produk/jasa yang kita jual. Dan ini bukan merupakan hal yang baru. Mau cari barang/jasa apa saja diinternet sudah tersedia. Mulai dari produk fashion, elektronik, kecantikan, kesehatan,  buku, hingga makanan. Berbagai jasa juga banyak terdapat, seperti jasa fotografi, antar jemput barang, pengiriman barang, penjualan buku hingga  jasa download, seperti film, lagu, aplikasi dan yang lainnya. Yah, kembali lagi sejauh mana kita bisa melihat peluang-peluang tersebut, asal tidak melanggar etika dan tidak merugikan, tidak perlu ragu untuk mencoba.

            Ada satu lagi media digital yang lazim dipakai untuk bisnis, ialah BlackBerry atau BB.  Smartphone yang dulu menjadi barang mewah karena harganya yang selangit ini, kini bisa dimiliki oleh siapa pun. Dengan harga yang beragam sebanding dengan harga HP pada umumnya. Salah satu keunggulan pemakai BB adalah, adanya fasilitas yang hanya diperuntukkan khusus untuk pemakai BB ialah BBM alias BlackBerry Messager. Melalui fasilitas ini, siapa pun pengguna BB bisa berkomunikasi dengan leluasa kepada pemakai BB lainnya dengan meng-add pin masing-masing. Fasilitas ini dapat digunakan sepuasnya, karena pengguna hanya dikenakan tariff per periode pemakaian. Harganya pun variatif, tergantung provider mana kita pilih. Selain itu, BB sendiri telah menjadi gaya hidup, artinya selain atas dasar kebutuhan, BB menjadi simbol bahwa orang yang memakainya telah menjadi orang sukses, tidak gaptek dan tampak seperti orang-orang menengah ke atas lainnya. Ya, itu sih anggapan negatif saya, semoga tidak semuanya benar ya. Tapi agar tidak dicap sebagai orang yang hanya mengikuti trend atau ingin dianggap borju, tentulah kita harus memaksimalisasi pemakaian BB itu sendiri. Fasilitas BBM yang ada, sangat cocok untuk membantu kita memasarkan produk/jasa yang kita miliki.


Belajar Bisnis dari Pengalaman 

Rasanya gampang sekali jika hanya memaparkan teori. Untuk itu, saya ingin berbagi sedikit pengalaman saya dalam membangun bisnis online. Bisnis ini saya rintis sendiri mengikuti minat dan kemampuan yang saya punya. Alhamdulillah sudah cukup dikenal  banyak orang.

            Sebelum  beralih pada bisnis online, saya sudah beberapa kali merasakan nikmatnya berjualan. Berjualan yang pelan-pelan menjadi sebuah kesenangan sudah saya jalani sejak kuliah. Waktu itu saya menjual berbagai asesori, seperti gelang, bros jilbab, cincin, asesori HP, dompet, dll. Tidak cuma itu, saya juga sempat berjualan pulsa, produk kesehatan, produk kecantikan, dll. Sampai akhirnya saya dan beberapa teman yang memiliki minat sama dalam bidang usaha ini, membangun sebuah badan usaha dari sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)  yang kami ikuti. Sampai-sampai kami mendapat julukan “Tim Pemburu Dolar”. Rasanya seperti benar-benar mendirikan sebuah perusahaan, bakat dan insting saya juga benar-benar terasah disana.  Hal paling menyedihkan adalah, usaha ini tidak bisa dilanjutkan ketika masing-masing kami mulai sibuk dengan Tugas Akhir (TA) sebagai syarat kelulusan studi D3 yang kami jalani. Namun pengalaman ini, menjadi modal besar kami ke depannya untuk membangun sebuah usaha.

            Bisnis online saya lirik ketika melihat dari seorang teman yang tengah menikmati asyiknya berjualan via online. Ia telah memiliki sebuah olshop (online shop) dengan menjual sebuah produk yang menurut saya cukup unik dan barang tersebut tidak banyak dipasarkan oleh orang lain. Ia menjual peralatan masak yang bernama bento. Bento adalah seni memasak, dengan menyulap makanan menjadi berbagai karakter lucu, sehingga anak-anak selera untuk makan. Ia sendiri juga terinspirasi dari pengalaman, anaknya yang paling besar sangat suka memakai peralatan bento, dan jadi senang memasak. Dari sinilah ia mendapat inspirasi untuk menjual berbagai peralatan bento karena yakin, peralatan ini pasti dibutuhkan oleh para ibu. 

                Saya pun memulai pertualangan bisnis ini. Karena saya punya minat yang besar pada asesori, tentu saja saya tak ragu untuk memasarkan produk-produk tersebut via online. Setelah belanja, malamnya, pemotretan barang pun dilakukan. Dengan sedikit keahlian fotografi dan editing foto yang saya miliki, foto itu saya buat semenarik mungkin, tanpa mengubah bentuk atau warna, sehingga sesuai dengan barang sebenarnya. Harga pun saya buat standard, ya sama saja seperti harga ketika asesori itu saya jual langsung. Teman saya tertawa ketika saya memajang harga asesori dibawah sepuluh ribu rupiah, tapi saya cuek saja. Menurut saya, harga yang saya pajang sudah cukup pantas, dan memang menjadi kebiasaan saya untuk berjualan tidak dengan harga setinggi langit, lebih baik barang cepat habis dengan harga murah/standard dibanding mengambil keuntungan banyak tetapi barang tidak habis, itu prinsipnya. Belakangan saya mulai belajar untuk memproduksi sendiri asesori tersebut dari manik-manik yang saya beli, mulai dari gelang, cincin hingga headband (hiasan jilbab di kepala). Dan banyak teman-teman yang menyukainya produk tersebut  karena produk yang saya jual belum ada dipasar artinya limited edition.
                                              
            Tidak puas dengan menjual asesoris saya pun mulai melirik pasar baju wanita, terutama baju muslimah. Kebetulan karena memang list friend di facebook, rata-rata adalah muslimah. Tidak langsung men-stock barang, saya mulai melalui sistem dropship seller, yang artinya saya hanya membeli barang yang telah dipesan oleh pelanggan saya. Memang cukup repot, apalagi ketika barang yang sudah dipesan oleh pelanggan sudah habis stok dari  grosir tempat saya memesan barang. Perlahan saya mulai stok barang untuk bisa memanjakan pelanggan dalam memilih baju dan tidak repot-repot  menghubungi grosir kalau ada yang memesan barang. Selain itu juga mencari referensi grosir online lain, karena tentu menjadi sebuah keuntungan jika kita menemukan barang dengan harga yang lebih murah dan kualitas yang sama.

            Sebagai pemula ketika itu saya hanya menggunakan fasilitas facebook, tapi ternyata ada banyak situs gratis lain yang bisa dipakai. Seperti beberapa  situs jual beli yakni  tokobagus.com dan berniaga.com.  Saya pun semakin semangat berjualan. Selain itu twitter, blog dan website juga bisa dimanfaatkan sebagai media  dalam berbisnis. 

            Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam berbisnis  online.  Pertama, pastikan peralatan yang kita pakai terawat atau dalam kondisi baik. Misalnya, laptop, BB, atau jaringan. Laptop dan BB tentu memang menjadi ‘amunisi utama’ yang akan memudahkan setiap promosi kita, kemudian jaringan. Pilihlah provider yang memang tidak hanya bagus didalam iklan tetapi juga bisa diandalkan saat pemakaiannya.  Cukup sudah menjadi pengalaman saya untuk memilih provider, yang jaringannya kencang hanya  saat diawal bulan, memasuki akhir bulan atau saat kuota habis jaringan mulai melemah.  Baru dipakai sebentar jaringan sudah putus, dan kita pun harus meng-connect kan kembali. Yang lebih menyebalkan adalah ketika meng-connect kan saja susah sekali, saking emosinya hampir saja saya banting netbook yang ada di depan saya. Jadi sekali lagi, bijak dalam memilih provider juga merupakan kunci sukses dalam berbisnis online. Saya mempercayakan AXIS menjadi provider yang saya pilih karena memang memiliki jaringan yang bagus. Biasa saya memakai paket yang unlimited sehingga saya leluasa untuk memasarkan produk.

            Kedua, dengan menjaga kepercayaan.  Anda tentu tau, apapun bisa dilakukan melalui transaksi online, mulai dari penjualan barang fiktif, penipuan, atau menjual barang tidak sesuai dengan keterangan atau keadaan barang yang sebenarnya. Menjaga kepercayaan adalah salah satu kunci agar si pelanggan tetap nyaman berbelanja dengan kita, bahkan akan merekomendasikan toko kita kepada saudara atau temannya. Cukup dengan menjelaskan bagaimana kondisi sebenarnya barang yang kita jual, misal tentang ukurannya yang free size atau kondisi warna yang ternyata agak berbeda dengan gambar yang kita pajang. Jujur saja, karena pelanggan justru akan merasa nyaman dengan sikap kita dan jika ia memahami ia pasti akan tetap membeli barang yang kita jual. 

            Banyak hal-hal lainnya, yang lambat laun akan kita pahami seiring dengan pengalaman kita berbisnis online. Sedikit banyak tidak jauh berbeda dengan berjualan langsung, hanya saja, kita dituntut lebih lihai dalam menggunakan media digital, cepat tanggap jika ada pelanggan yang tertarik, banyak melakukan inovasi dalam bisnis dan membangun komunikasi yang baik kepada pelanggan.

            Selain berbisnis, dari internet  kita juga bisa mendulang rupiah melalui blog, twitter dan fasilitas lainnya. Mendapat informasi berbagai lomba, menjadi penulis sebuah website, promosi produk lewat twitter jika telah memiliki banyak follower sampai kopdar dengan orang-orang terkenal atau juga teman yang biasa hanya kita kenal lewat dunia maya. Begitu banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika kita bisa lebih mengeksplore fasilitas media digital tersebut dengan sebaik-baiknya.

            Oh ya, saya juga mau mengenalkan toko online yang telah saya rintis lebih dari satu semester ini, namanya Utie Dewi Shop. Utie karena saya sering dipanggil uti yang berasal dari kata ‘ukhti’ (saudara perempuanku), semasa kuliah saya aktif di LDK (lembaga Dakwah Kampus) dan mengenalkan beberapa istilah arab pada teman-teman dan adik-adik saya, salah satunya istilah ukhti tadi. Menjadi pengusaha adalah pilihan yang telah lama saya pikirkan sekaligus begitu saya dambakan. Beruntung sekali rasanya, bisa berkarir dalam bidang ini.  Dengan berbisnis saya bisa  mengembangkan intuisi sebagai pengusaha, kemampuan dalam berkomunikasi, dan kreatifitas dalam membuat asesori sesuai dengan perkembangan fashion kini sekaligus juga mengenal fasilitas yang ada didalam internet lebih dalam.  Agak ajaib sepertinya, dengan hanya duduk didepan sebuah benda bernama netbook kita bisa mendulang rupiah dengan mudah. Dengan proses pembelajaran yang kita alami tentu semua dari kita akan menikmati masa  saat brand yang kita bangun telah dikenal banyak orang. Dan ini tidak menutup kemungkinan, orang-orang akan mengajak kita bekerja sama dalam bidang tersebut. Kepercayaan akan lahir dengan sendirinya, ketika mereka melihat perkembangan usaha yang telah kita rintis. Juga, jangan cepat merasa puas dengan bisnis yang telah kita capai sekarang, agar bisnis  tidak stagnan. Misalkan mulai membuat website pribadi untuk memasarkan produk yang kita jual, memproduksi barang langsung, meluaskan target pasar, membangun kerja sama dengan berbagai pihak, sharing dengan sesama pengusaha online shop, dll. Begitu banyak hal yang bisa dilakukan, dengan ini kita bisa meng-eksplor berbagai hal positif dari internet dan tidak perlu menyentuh hal-hal negatif juga dari internet.

*Opini yang berjudul "Melek Digital untuk StartUp Business - Manfaatkan Media Digital untuk Berbisnis Online" Diikutsertakan dalam lomba blog Dunia Axis Melek Digital untuk StartUp Business.


Dewi chairani

Menghasilkan karya yang mampu menginspirasi dan menjadi manusia pemberi manfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama